4 Peralatan Wajib Konten Kreator TikTok

TikTok menjadi salah satu platform sosial media berbagi video yang semakin populer di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Banyaknya pengguna TikTok membuat platform ini berevolusi menjadi salah satu aplikasi penghasil uang bagi para penggunanya. Apakah kamu tertarik untuk berkarir di TikTok sebagai konten kreator? Maka kamu wajib menyimak artikel ini mengenai peralatan wajib konten kreator TikTok.

Peralatan Wajib Konten Kreator TikTok

Jika kamu serius menjadi konten kreator maka kamu wajib memiliki setidaknya tiga peralatan utama agar kamu bisa membuat video yang baik dan berkualitas. Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan produksi video sehingga bisa lebih mudah untuk mencapai fyp.

Bagi para profesional mungkin dalam proses pembuatan video bisa menggunakan peralatan utama saja semisal HP atau kamera tanpa peralatan bantuan lainnya, tapi bagi para pemula sebaiknya kamu memaksimalkan setidaknya tingga hingga empat peralatan utama ini. Nah apa saja peralatan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Kamera HP

TikTok adalah aplikasi sosial media berbagi video yang populer penggunaanya di smartphone. Video yang dibuat memang lebih banyak berukuran potrait yang artinya banyak pengguna menggunakan kamera ponsel untuk merekam dan membuat video.

Maka peralatan wajib konten kreator TikTok yang utama adalah kamera HP. Hal ini cukup memudahkan dalam proses pengambilan video, editing, upload ke TikTok hingga menganalisa perkembangan video dan akun TikTok kamu.

Tentu saja kami sangat merekomendasikan HP yang memiliki kamera yang berkualitas. Gambar terlihat jelas, jernih dan juga tajam. Jika kamu serius terjun di dunia konten kreator tiktok maka tidak di sarankan menggunakan kamera HP dengan hasil yang buram atau tidak jelas. Lantas adakah rekomendasi HP dengan kamera yang bagus namun dibandrol dengan harga yang terjangkau?

Sayangnya, ponsel dengan harga yang mahal sudah pasti dibekali dengan kamera yang berkualitas. Sementara ponsel kelas pemula memang tidak begitu kami sarankan karena hasil video masih jauh dari sempurna. Beberapa rekomendasi ponsel kamera bagus harga terjangkau diantaranya adalah.

1.1. Infinix Note 40 Pro

Ponsel ini dibandrol cukup terjangkau di kelasnya yakni sekitar Rp.3,5 jutaan. Namun urusan spesifikasi termasuk kamera memang tidak diragukan lagi. Bisa di sandingkan dengan ponsel-ponsel seharga Rp.5 jutaan.

Kamera utamanya berukuran 108 MP dengan fitur pendukung seperti Optical Image Stabilization (OIS), Gyro-EIS hingga PDAF. Alhasil kamu akan mampu membuat video yang lebih stabil dengan gambar yang cukup tajam dan jernih.

Sementara untuk kamera utamanya berukuran 32 MP dengan resolusi video full HD. Kamu bisa membuat video selfie atau tatap muka dengan kualitas cukup baik, hingga video untuk live streaming tiktok.

1.2. Samsung Galaxy S23 FE

Gak perlu diragukan lagi deh ponsel Samsung dari seri S memang masuk dalam jajaran ponsel kelas atas Samsung meskipun ini adalah seri FE. Samsung Galaxy S23 FE adalah versi murah dari S23. Namun untuk urusan kamera bisa dikatan tidak jauh berbeda atau bahkan sama.

Kamera utamanya berukuran 50 MP dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan PDAF. Kemampuan merekam video hingga resolusi 8K dengan ketajaman yang sangat baik. Sementara kamera depan berukuran 10 MP dengan resolusi video maksimal 4K. Maka jelas ini bukanlah ponsel ecek-ecek dan sangat layak dijadikan Peralatan Wajib Konten Kreator TikTok. Harganyapun lumayan mencapai Rp.7 jutaan.

1.3. iPhone

Gak perlu diragukan lagi soal kualitas kamera iPhone dari Apple. Semua ponsel iPhone memiliki kamera yang canggih dengan kemampuan merekam gambar yang sangat baik. Kamu tinggal pilih iPhone berapa yang ingin kamu beli.

Hanya saja kamu perlu siap-siap mengeluarkan uang yang lumayan besar untuk bisa memiliki iPhone. Tapi tentu saja harga setara dengan kualitas yang ditawarkan. Saran kami, belilah iphone dengan kapasitas memori internal minimal 256 GB karena konten kreator sudah pasti bakal sering membuat video.

2. Tripod atau Sejenisnya

Peralatan wajib konten kreator TikTok berikutnya adalah tripod atau sejenisnya. Jika kamy serius berkarir di TikTok misal menjadi konten kreator biasa, atau tujuan mencari uang dengan bergabung menjadi affiliate, atau live streaming. Maka hal penting yang harus kamu miliki adalah tripod.

Gunakan tripod yang multifungsi, bisa ditinggikan atau di pendekkan sehingga kamu bisa membuat konten seperti live menjadi lebih leluasa. Juga bisa digunakan untuk merekam video untuk ulasan produk. Beli tripod yang multifungsi serta build quality yang bagus, kokoh dan tidak mudah goyang.

3. Microphone

Mengandalkan microphone dari ponsel saja kami rasa masih kurang bagus maka untuk menghasilkan suara audio yang jernih dan jelas, kamu wajib membeli microphone. Idealnya beli lah microphone wireless sehingga lebih leluasa saat melakukan rekaman.

4. Lighting

Ini tidaklah begitu wajib asalkan di ruangan kamu cukup cahaya dan gambar terlihat sangat baik maka cukup menggunakan lampur ruangan saja. Atau kamu juga bisa membuat konten di outdoor dengan memanfaatkan cahaya dari sinar matahari.

Kesimpulan

Itulah Peralatan Wajib Konten Kreator TikTok, setidaknya ada tiga yang utama yakni kamera HP, tripod dan juga microphone. Peralatan tambahannya tentus aja menyesuaikan seperti lighting atau asesoris lainnya. Jika kamu ingin sukses di TikTok maka kunci utamanya adalah konsisten dalam pembuatan video (VT). Buatlah video semampu kamu setiap harinya namun secara kontinue, misal sehari sanggup 3 VT maka setiap hari wajib upload 3 VT. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *