Waktu FYP Tiktok Hari Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis

Sebagai seorang konten kreator tentu ingin sekali video yang di upload menjadi trending dengan banyak viewers, oleh sebab itu kamu wajib tahu waktu FYP TikTok Hari Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis.

Tentu saja ada jam-jam yang tepat untuk memposting video di TikTok agar video kita banyak yang melihat.

Sebenarnya bukan hanya aplikasi TikTok saja, semua aplikasi sosial media seperti Facebook, Youtube, Instagram dan lainnya memiliki waktu ideal untuk posting.

Apa Itu Waktu FYP TikTok Hari?

For You Page atau FYP di TikTok menjadi incaran banyak konten kreator karena bisa meningkatkan jumlah viewer secara drastis. FYP adalah istilah dari halaman utama TikTok saat kamu pertama kali membuka aplikasi TikTok.

Maka akan muncul beberapa video yang direkomendasikan oleh TikTok. Alhasil, siapapun yang pertama kali membuka aplikasi TikTok maka video yang dihalaman utamalah yang berpotensi besar di lihat oleh banyak orang.

Istilah ini dikenal dengan fpy. Maka tak heran demi menjadi FYP banyak konten kreator menggunakan tagar #FYP di setiap postingan videonya.

Oh ya, peluang FYP setiap video memang cukup besar mengingat TikTok akan menjadikan video FYP sesuai dengan minat masing-masing orang. Misal kamu minat dengan tips mancing, maka di halaman utama TikTok kamu yang menjadi fyp adalah video-video yang bertema mancing.

Waktu FYP TikTok Hari dan Jam Berapa?

Tentu saja setiap konten kreator harus paham dengan waktu posting yang tepat. Misal, beda jika kamu posting tengah hari misalkan jam 12 siang dengan posting jam 5 sore, maka waktu sore lah yang akan langsung mendapat perhatian publik.

Karena jam 12 siang kebanyakan orang tengah kerja, istirahat, atau lelah, berbeda pada saat sore hari dimana banyak orang lebih banyak mengakses TikTok atau sosial media karena waktu yang senggang.

Namun itu juga tergantung dari hari-hari yang disarankan, bisa saja pada hari Senin meski jam 12 siang kamu posting, maka jumlah viewer akan cenderung lebih banyak.

Tabel Waktu FYP TikTok Hari

waktu FYP TikTok Hari

Perhatikan tabel FYP di TikTok berikut ini, tabel ini diambil dari beberapa sumber yang menunjukkan waktu FYP TikTok hari Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis dan jam tertentu.

  • Waktu FYP TikTok Hari Senin 12:00-13:00

Hari yang paling padat dan sibuk serta hari paling melelahkan adalah pada hari Senin. Jika pagi hari sampai menjelang siang maka kita akan disibukkan dengan pekerjaan.

Maka waktu yang paling tepat untuk posting video di TikTok adalah pada jam-jam istirahat yakni jam 12:00 hingga jam 13:00. Ada waktu senggang dan santai yang bisa dimanfaatkan untuk menonton video TikTok.

  • Waktu FYP TikTok Hari Selasa 15:00-16:00 dan 19:00-21:00

Hari Senin memang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga cukup sibuk, banyak sisa pekerjaan yang belum selesai sehingga hari Selasa pekerjaan tersebut harus terselesaikan.

Alhasil tidak banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk menonton TikTok. Maka salah satu waktu ideal posting video TikTok adalah pada sore hari dan malam hari.

Sore hari sekitar pukul 15:00 hingga 16:00. Waktu terakhir pekerjaan yang biasa dimanfaatkan untuk mencari hiburan dengan membuka aplikasi TikTok. Dan pukul 19:00 hingga 21:00 adalah waktu ideal karena banyak orang yang beristirahat sambil TikTokan.

Waktu-waktu ini disebut juga sebagai prime time atau waktu yang paling banyak dimanfaatkan orang untuk mencari hiburan.

  • Waktu FYP TikTok Hari Rabu 11:00-12:00 dan 20:00-21:00

Jam 11:00 hingga 12:00 pada hari Rabu banyak dimanfaatkan orang untuk mencari hiburan di TikTok setelah penat dengan rutinitas pekerjaan.

Kemudian disusul pada malam hari sebagai waktu prime time yakni pukul 20:00 hingga 21:00.

  • Waktu FYP TikTok Hari Kamis 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00

Hari Kamis adalah hari yang lebih pleksibel setelah dihari-hari sebelumnya kita disibukan dengan rutinitas kerja. Maka ada waktu yang ideal untuk upload video usai jam kerja yakni 12:00 siang.

Sementara tetap waktu terbaik adalah saat prime time dimulai pukul 16:00 sore, 19:00 malam hingga 21:00 malam menjelang istirahat.

  • Waktu FYP TikTok Hari Jumat 11.00–12.00 dan 19.00–22.00

Hari Jumat ada waktu istirahat yang cukup panjang yakni menjelang sholat jumatan. Maka pukul 11:00 siang menjadi waktu yang pas untuk upload video.

Ada waktu santai unuk menonton video TikTok, kemudian disambung pada waktu prime time jam 19:00 hingga 22:00 malam.

  • Waktu FYP TikTok Hari Sabtu: 09.00–11.00 dan 19.00–21.00

Sabtu adalah waktu paling santai karena hampir semuanya tengah libur kerja. Hari Sabtu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk beristirahat di rumah, menikmati berbagai hiburan di TV atau di smartphonenya.

Maka tak salah jika di hari ini kamu upload video TikTok mulai pukul 9 pagi hingga 11 siang. Kemudian kamu bisa upload di jam prime time yakni pukul 7 malam hingga 9 malam.

  • Waktu FYP TikTok Hari Minggu 07.00–11.00 dan 16.00–21.00

Tidak jauh berbeda seperti hari Sabtu, namun pada hari ini kamu bisa mulai upload pada jam 7 pagi hingga jam 11 siang, kemudian mulai sore hingga malam hari. Hari Minggu banyak orang yang memang mencari hiburan di TikTok dan sosial media lainnya.

Faktor-faktor Pendukung FYP TikTok

Secara resminya TikTok memberikan informasi kepada pengguna bagaimana cara menjadi FYP. Ada beberapa faktor yang membuat video kita di rekomendasikan oleh TikTok di halaman utama, diantaranya adalah.

  1. Interaksi Pengguna (User Interaction)

Jelas interaksi pengguna sangat berpengaruh kepada video-video yang menjadi FYP. Jika kamu sering berinteraksi pada sebuah akun, baik like, komen ataupun share di videonya, maka video dengan tema tersebut berpeluang besar menjadi FYP di halaman utama TikTok kamu.

  1. Pengaturan pada Akun

Pengaturan pada akun TikTok mu memang berpengaruh terhadap FYP di halaman utama TikTok mu. Seperti pengaturan lokasi, negara, bahasa dan lain sebagainya. Maka tak heran FYP yang tampil di halaman utama TikTok mu sesuai dengan pengaturan tersebut.

Hanya saja ini tidak terlalu berperan besar mengingat TikTok sendiri memberikan peluang kepada para konten kreator untuk memperkenalkan videonya secara global.

  1. Informasi Video

Informasi video untuk mengejar trending sangat bagus untuk menarik viewer. Seperti judul, hastag atau penggunaan lagu yang tengah trending untuk dijadikan backsound.

Cara Agar Video Menjadi FYP TikTok

Ada beberapa cara yang biasa digunakan para konten kreator agar videonya mampu menembus FYP di TikTok, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Gunakan Hastag

Menggunakan Hastag tentu bebas saja mau menggunakan hastag apapun. Hanya saja akan sangat lebih baik jika kamu menggunakan hastag yang relevan dengan video kamu.

Kamu juga bisa menggunakan hastag yang tengah populer atau bisa juga memanfaatkan hastag #fyp atau #ForYou.

2. Video yang Menarik dan Singkat

Video Completion Rate adalah salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur performa sebuah video. Faktor ini diukur dari seberapa banyak video kamu di tontong sampai habis atau selesai.

Maka video completion rate yang tinggi akan membuka peluang video kamu di rekomendasikan oleh TikTok. Caranya adalah buatlah video yang menarik namun singkat sehingga videomu akan ditonton sampai selesai.

3. Ikuti Trend di TikTok

Salah satu tips paling ampuh agar kontenmu cepat viral adalah dengan mengikuti trend. Cukup Amati, Tiru dan Modifikasi saja video yang tengah trend tersebut.

4. Menggunakan Caption Menarik

Judul atau caption di TikTok terbatas hanya 150 karakter saja, maka manfaatkan ruang tersebut untuk membuat caption yang menarik, seperti caption berupa pertanyaan atau sesuatu yang bikin penasaran. Jangan lupa sisipkan hastag.

5. Posting di Waktu FYP TikTok Hari dan Jam Prime Time

Yupz, seperti diulas diatas tadi, ada waktu fyp TikTok hari Jumat, sabtu, minggu, senin, selasa, rabu, kamis. Lebih baik kamu manfaatkan jam-jam prime time nya yakni sore hingga malam.

6. Gunakan Backsound yang Trending

Backsound atau lagu yang tengah trending akan membantu membuat videomu banyak yang nonton. Jadi, gunakan lagu tersebut, dan sesuaikan dengan konten video kamu.

7. Interaksi

Sebaiknya kamu rutin berinteraksi dengan tiktokers lainnya yang memiliki tema yang serupa dengan kamu. Bagaimanapun TikTok adalah aplikasi sosial media berbagi video pendek, jadi kamu harus menjalin komunikasi dengan mereka.

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas, maka sudah bisa kamu simpulkan waktu fyp TikTok hari apa saja. Setiap hari bisa menjadi FYP asal kamu bisa posting di jam-jam prime time. Tentu saja dengan memperhatikan faktor-faktor lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.