Aplikasi Jual Foto Online, Hasilkan Cuan Modal Kamera HP

Saat ini memiliki penghasilan tambahan di dunia online semakin mudah. Ada banyak sekali cara menghasilkan uang baik receh hingga banyak di internet, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi jual foto online terbaik.

aplikasi jual foto

Betul sekali, foto merupakan konten hasil karya yang memiliki nilai jual yang cukup lumayan. Selain artikel, video, audio dan tentu saja foto bisa kita jual secara online keseluruh dunia.

Aplikasi Jual Foto Online

Di dunia ini ada banyak orang baik perorangan hingga agensi yang membutuhkan foto-foto menarik, mereka tidak melulu harus pergi ke suatu tempat hanya untuk mendapatkan foto.

Mereka tidak perlu menghabiskan ongkos jalan dan akomodasi hanya untuk pemotretan di suatu daerah. Seiring perkembangan teknologi informasi, foto-foto yang mereka butuhkan tersebut sudah ada di internet.

Mereka hanya perlu membelinya dengan harga beberapa dollar saja mulai dari puluhan hingga ratusan dollar. Tentu saja harga tersebut jauh lebih murah ketimbang harus pergi bersama kru ke suatu daerah yang dituju.

Disinilah aplikasi jual foto online sangat dibutuhkan untuk mereka. Dan tahukah kamu, yang mencari foto-foto ini ternyata jumlahnya sangat banyak sekali. Hingga seorang kontributor jual foto online mampu menghasilkan uang ribuan dollar perbulannya.

Lantas aplikasi jual foto online apa saja yang bisa kita gunakan untuk menjual foto karya-karya kita? Berikut ini daftarnya:

1. Shutterstock Contributor

Shutterstock Contributor adalah salah satu aplikasi jual foto yang sangat populer di dunia. Aplikasi ini memang baru di unduh oleh satu juta orang dengan rating 4.2 bintang.

Meski baru sedikit namun pengembang nyatanya rutin melakukan update pada aplikasinya. Artinya Shutterstock adalah perusahaan besar yang sangat serius mengembangkan bisnisnya.

Meski aplikasi jual foto ini baru satu juta pengguna, disinyalir ada jutaan orang yang bekerja menjadi kontributor di perusahaan ini yang langsung mengaksesnya melalui website resminya.

Aplikasi ini menjadi yang paling kami rekomendasikan untuk sobat sekalian, dan mulailah upload foto, video hingga audio untuk menghasilkan uang.

2. Foap

Sedikit lebih banyak penggunanya di google playstore, aplikasi jual foto Foap sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta orang dari seluruh dunia.

Aplikasi ini memang sudah cukup familiar di kalangan para fotografer untuk menjual hasil karyanya. Foap menerapkan bagi hasil dari setiap foto yang kamu hargai dan di beli oleh orang lain.

Sistem bagi hasilnya adalah 50:50. Tentu saja itu cukup adil untuk kamu bukan? Upload foto karyamu dengan resolusi tinggi minimal 1280×960 piksel.

Selain menggunakan aplikasi androidnya, kamu bisa menggunakan dashboad websitenya secara langsung.

3. Aplikasi Jual Foto Opensea dan Binance

Beberapa waktu kebelakang kita di hebohkan dengan sosok Ghozali Everyday. Ghozali menjadi salah satu orang Indonesia yang sukses memanfaatkan Opensea untuk menghasilkan uang hingga puluhan miliar rupiah.

Padahal dirinya hanya menjual foto selfienya di Opensea, namun nyatanya foto-foto tersebut laku dijual sebagai salah satu NFT terbaiknya.

Transaksi di Opensea menggunakan mata uang crypto, namun bagi pemula yang minim modal tentu akan cukup sulit menjual foto disini, karena kita diharuskan setor modal dengan kripto dengan harga sekitar Rp.1 jutaan lebih per fotonya.

Bagi pemila nampaknya tidak begitu kami sarankan bermain Opensea karena harus berbayar terlebih dahulu. Meski begitu, nyatanya Opensea adalah salah satu NFT Marketplace besar di dunia.

4. Scoopshot

Scoopshot sudah sangat populer dikalangan fotografer dunia lantaran kita bisa menjual foto apapun disini dan mulai menghasilkan uang. Menariknya disini kamu akan mendapatkan keuntungan penuh dari setiap foto yang kamu jual.

Situs ini juga sering mengadakan kontes dan memberikan reward yang lumayan untuk setiap pemenang. Agar lebih meyakinkan dalam menjual foto ada baiknya kamu pasang foto profil layaknya fotografer profesional.

5. EyeEm

Aplikasi jual foto online berikutnya adalah EyeEm. Aplikasi ini menawarkan fotografer profesional ataupun pemula sekalipun. Kamu bisa menjual foto terbaiknya di aplikasi ini.

Selain itu keuntungan yang akan kamu peroleh dari setiap foto yang terjual adalah 50 persen. Harga jual fi aplikasi jual foto ini adalah sekitar $20 untuk harga terendahnya, artinya jika foto kamu berhasil terjual maka kamu mendapatkan $10 atau skeitar Rp.146 ribu.

Menariknya, EyeEm memberikan kejelasan hak cipta bagi setiap kontributornya, artinya hak cipta foto kamu tetap kamu yang pegang dan kamu masih bisa menjualnya diaplikasi lainnya.

Tips Aplikasi Jualan Foto Online

Selain dari lima aplikasi jual foto online diatas sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang serupa ataupun situs-situs jual foto online yang serupa.

Meski begitu semuanya tentu memberikan kriteria persyaratan yang harus dipenuhi oleh para kontributor terutama kualitas foto. Berikut ini tips jualan foto secara online.

  • Gunakan kamera DSLR atau Mirorrless atau HP berkualitas tinggi
  • Jual foto dengan resolusi tinggi
  • Gambar harus terlihat jelas dan bagus
  • Gunakan judul yang menarik, kamu bisa riset terlebih dahulu
  • Gunakan tag sesuai dengan tema foto kamu
  • Rutin upload foto minimal 10 foto perhari
  • Semakin banyak foto yang kamu upload maka semakin besar peluang ada yang beli

Kesimpulan

Itulah sekilas tentang aplikasi jual foto online yang bisa kamu jalani. Dengan bermodalkan kamera DSLR atau Mirorrless atau HP sekalipun maka kamu sudah bisa berjualan foto secara online dan menghasilkan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.