Sport  

[Foto] JIS, Salah Satu Stadion Termegah Dunia Kandang Persija Jakarta

Kita patut berbangga lantaran Stadion JIS (Jakarta International Stadium) menjadi salah satu stadion termegah di dunia dan sejajar dengan kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu.

JIS masuk dalam daftar ke 10 stadion termegah di dunia setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menargetkan pembangunan JIS Stadium selesai pada Desember 2021. Selain stadion utama juga ada lapangan latihan berstandar FIFA menggunakan rumput hybrid, yaitu rumput kombinasi sintetis dan alami.

Stadion ini menelan biaya sebesar Rp4,546 triliun dengan skema pendanaan Penyertaan Modal Daerah (PMD) tahun jamak (multiyears) dari 2019, 2020 dan 2021. Proyek ini dikerjakan PT Jakpro bersama tiga perusahaan kerja sama operasi (KSO), yaitu Wijaya Karya Bangunan Gedung, PP, dan Jaya Konstruksi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan nantinya Persija Jakarta akan bermarkas disini.

“Tentu dong Persija nanti akan berkantor di situ. Kita tentu prioritaskan Persija yang nanti akan berkantor di JIS,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria seperti dikutip dari laman detik.com, Minggu (22/8/2021).

Selain Persija Jakarta, PSSI juga akan memanfaatkan stadion ini untuk markas Timnas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.