10 Tempat Wisata di Bandung Barat Bagian Selatan

MyCipongkor.com – Banyak wisatawan yang datang ke Kota Bandung untuk menikmati suasana dingin yang ada di kawasan Lembang ataupun kawasan Ciwidey. Mereka tahunya kedua kawasan wisata tersebut merupakan bagian dari wisata Kota Bandung.

Padahal sejatinya baik Lembang maupun Ciwidey berada di luar kota Bandung dan di pemerintahan yang berbeda. Lembang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, sementara Ciwidey masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung.

Kedua kabupaten tersebut memang memiliki cukup banyak destinasi wisata, sebut saja Lembang yang memiliki segudang objek wisata unggulan. Begitupun Ciwidey yang dikenal dengan kebun tehnya juga objek-objek wisata pemandian air panasnya yang bertebaran.

Padahal Kabupaten Bandung Barat tidak melulu soal Lembang, di Kabupaten Bandung Barat bagian selatan juga tak kalah eksotisnya dengan banyaknya objek-objek wisata bertemakan alam, bahkan bukan hanya itu potensi wisata alam Kabupaten Bandung Barat bagian selatan juga sangat menjanjikan jika saja mampu dikelola dengan baik dan profesional.

Nah berikut ini kami akan berikan daftar objek wisata di Kabupaten Bandung Barat Bagian selatan yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan ini juga beberapa potensi wisata di Bandung Barat Selatan yang bisa di eksplore lagi sehingga menghadirkan destinasi-destinasi wisata terbaru dan unggulan.

1. Sanghyang Heuleut

Saynghyang heuleut wisata di Bandung Barat selatan
Sanghyang Heuleut, (IG: Fikri Mubarok)

Salah satu destinasi wisata bertemakan alam yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan ini adalah Sanghyang Heuleut. Bisa dibayangkan sebuah danau kecil ditengah hutan dengan air jernih kehijauan serta dikelilingi bebatuan dan pegunungan pasti akan sangat menenangkan jiwa.

Akses jalan menuju lokasi ini cujup terjal dan jauh, kita akan melewati perkebunan warga dan hutan juga melewati bebatuan sungai. Pastikan kondisi badan kamu tengah baik jika ingin kesini, lama perjalanan dari parkiran kendaraan bisa mencapai satu jam.

Lokasi Sanghyang Heuleut secara geografis masuk ke dalam wilayah Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jika dari arah Cililin kamu tinggal menuju ke arah Kecamatan Cipongkor kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Saguling dan berhenti di pemandian air panas Cipanas, Saguling untuk memarkirkan kendaraan. Tiket masuk: Rp.10.000 perorang dengan parkir kendaraan bermotor: Rp.5.000 per kendaraan.

Lihat: Foto-foto Keren Sanghyang Heuleut

2. Camping di Gunung Masigit, Cipongkor

Camping di gunung masigit bandung barat selatan
Puncang Gunung Masigit (IG: MyCipongkor)

Eksotisme Gunung Masigit di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat memang sudah mulai “tercium wangi” hingga ke berbagai daerah di Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 1116 Mdpl ini sering digunakan oleh para pendaki untuk pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi lagi di Indonesia.

Hampir setiap hari selalu ada pendaki lokal maupun dari luar daerah yang bertenda di puncak Gunung Masigit. Jika cuaca tengah cerah maka pemandangan Kota Bandung dan sekitarnya terlihat jelas dengan gemerlap lampu-lampu kota.

Bahkan jika kamu tengah mujur maka di pagi harinya di bawah Gunung Masit akan diselimuti oleh awan tebal jadi seolah-olah kamu tengah berpijak diatas awan.

Akses jalan menuju Gunung Masigit cukup banyak, salah satunya kamu bisa melewati pintu pendakian yang ada di Kampung Cilimus, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor. Nantinya akan ada biaya administrasi sebesar Rp.3000 saja, sementara untuk parkir kendaraan bermotor cukup membayar Rp.5000 saja sepuasnya dan aman.

Lihat: Foto-foto Keindahan Gunung Masigit

3. Curug Malela, Niagaranya Bandung Barat

Curug Malela wisata bandung barat selatan

Objek wisata di Kabupaten Bandung Barat bagian selatan sudah pasti tidak asing lagi dengan Curug Malela. Curug ini memang seolah mendapat perhatian khusus dari pemerintah dibanding objek wisata lain ataupun potensi wisata lainnya di Bandung Barat bagian selatan.

Terbukti hingga saat ini Curug Malela terus mengalami perubahan menjadi semakin esksotis. Curug yang dikenal sebagai niagara mininya Bandung Barat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, air terjunnya melebar dengan debit air yang selalu deras.

Akses jalannya semakin baik dan di perlebar meskipun kamu harus berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas oleh pemandangan Curug Malela yang sangat bagus.

Lokasi Curug Malela berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dengan tiket masuk sekitar Rp.15.000 perorangnya.

Lihat dulu : Foto-foto Keren Curug Malela

4. Curug Ngebul, Gunung Halu

Curug Ngebul wisata Bandung Barat Selatan
Curug Ngebul, Cisitu, Gunung Halu (IG: @hens4m)

Selain Curug Malela yang dikenal dengan Niagara mininya Bandung Barat, sebenarnya ada Curug yang tak kalah indahnya pada bagian bawahnya yakni Curug Ngebul. Curug ini berada satu jalur aliran sungai dengan Curug Malela.

Curug ini masih sangat alami dan jarang terjamah oleh pengunjung, lokasinya cukup jauh dari perkampungan dan harus menempuh perjalanan kaki cukup lama sekitar 1 jam perjalanan dengan medan yang cukup terjal.

Namun ketika sampai di Curug Ngebul maka kamu akan takjub dengan keindahan curug yang berada di lembah pegunungan serta pemandangan alam perbukitan yang eksotis.

Lokasi Curug Ngebul berada di Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung. Tiket masuknya sebesar Rp.10.000.

5. Romantisme Sawah Di Puncak Gunung, Sindangkerta

Wisata Bandung Barat Selatan Sawah di Puncak Sindangkerta
Sawah di Puncak Sindangkerta (ID: deniandriansyahmaulana)

Tempat ini memang belum menjadi destinasi wisata namun sebenarnya tempat ini memiliki potensi wisata yang sangat besar jika dikembangkan. Adalah Kampung Pasanggrahan, Desa Weninggalih, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat.

Di pucak gunung terdapat aeral persawahan yang terbuka yang cukup luas. Sawah-sawah tersebut tersusun dengan cantik dengan teknik terasering, menariknya pada pagi hari kita bisa menyaksikan kemegagan pegunungan di depannya dengan hamparan kabut dan awan dibagian bawahnya. Sungguh pemandangan yang tiada duanya dari perkampungan ini.

6. Curug Halimun, Air Terjun Terbesar di Seluruh Jawa

Curug Halimun
Kolam renang di tengah hutan, Curug Galimun

Curug Halimun menjadi destinasi wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi di akhir pekan ini. Kawasan ini berada di Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat dan di kelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Curug Halimun yang diketuai Ryan Muhammad Agung.

Pertama kali menginjakkan kaki di Curug ini kamu pasti bakalan kagum dengan keindahan alamnya. Lokasinya berada di lembah dan perlu perjuangan ekstra untuk menuju lokasi karena akan melewati jalanan yang menurun.

Air terjunnya lumayan tinggi dengan air yang cukup deras dan jernih. Apalagi di curug ini terdapat tebing-tebing bebatuan serta pepohonan yang menambah kesan indah.

Suasana alamnya sangat menenangkan, sayang jika kamu tidak berenang di kolam curug yang cukup luas dan dalam.

Menurut sejarah yang ditulis oleh SA Reitsma dan WH Hoogland (1927) mengatakan Curug Halimun memang bukan air terjun yang tertinggi, tapi merupakan air terjun terbesar di seluruh Jawa sehingga tak heran di abad ke-20 meski akses jalannya sangat sulit namun banyak orang mencoba berkunjung kesini.

7. Sungai Cikahuripan, Green Canyon-nya Bandung Barat

Entah dari mana julukan Cikahuripan sebagai Green Canyon-nya Bandung Barat, namun faktanya julukan tersebut sudah melekat ke tempat ini hingga saat ini.

Cikahuripan pernah digunakan untuk aktivitas syuting film Wiro Sableng 212. Kabarnya kru film tersebut sampai harus menginap di lokasi ini hingga beberapa hari dengan memasang tenda.

Sejak itulah Cikahuripan mulai ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat keindahan sungai yang diapit oleh tebing-tebing. Jika beruntung datang kesini pada saat airnya melimpah dan menghijau jernih. Sangat cocok untuk foto-foto instagram.

Likasi Cikahurupan berada di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Tiket menuju lokasi ini sebesar Rp.10.000 dan dari parkiran kendaraan butuh waktu sekitar 30 menit berjalan kaki menyusuri sungai.

8. Wisata Alam Pasir Angin, Rongga

Pasir Angin
Wisata alam Pasir Angin @puncak_pasir_angin

Salah satu objek wisata terbaru yang ada di Desa Cinengah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat adalah wisata alam Pasir Angin. Kawasan ini berada di pegunungan dengan pohon-pohon pinus yang masih cukup banyak.

Sangat cocok untuk wisata keluarga sambil menikmati suasana keindahan alamnya dengan udara yang sangat sejuk. Selain itu kamu juga bisa camping ceria di lokasi ini.

Wisata alam Pasir Angin bisa dikatakan masih cukup baru sehingga masih dalam tahap pengembangan. Pengelola terus melakukan pembangunan untuk melengkapi sarana dan prasarana. Saat ini sudah terdapat beberapa permainan anak, saung-saung bambu untuk berkumpul, warung-warung dan lain sebagainya.

9. Wisata Bukit Gantole Cililin

Bukit Gantole Cililin
Bukit Gantole Cililin, @fikrimubarok11

Jika kamu berkunjung ke Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat maka selain berbelanja jajanan khas Cililin seperti wajit dan kerupuk “melarat”, kamu juga bisa langsung berkunjung ke salah satu objek wisata yang ada di puncak gunung yakni Puncak Gantole.

Awalnya puncak Gantole didirikan untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2016 lalu kemudian untuk Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (PORDA JABAR) pada tahun 2010 untuk olahraga paralayang.

Venue Gantole dibangun karena lokasinya cukup strategis untuk olahraga paralayang karena berada di ketinggian 1063 Mdpl dengan angin yang cukup memadai. Kini Puncak Gantole menjadi salah satu objek wisata di Bandung Barat terutama untuk olahraga paralayang, selain itu kita bisa menikmati pemandangan Kota Bandung yang sempurna dari puncak gunung.

Alamat Bukit Gantole Cililin berada di desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

10. Bermain Air di Curug Kujang

Kawasan Gununghalu memiliki banyak sekali curug atau air terjun lantaran Kecamatan ini dilewati oleh banyak aliran sungai dengan debit air yang melimpah. Salah satu Curug yang sudah dikenal adalah Curug Ngebul di Cisitu, Gununghalu.

Namun disamping Curug Ngebul ada juga curug lainnya yang masih belum terjamah, salah satunya adalah Curug Kujang yang ada di Desa Sukasari atau perbatasan dengan Desa Tamanjaya.

Kamu bisa melewati jalur kampung Bojong Koneng atau bisa melalui jalur Kampung Cibadak. Akses jalan menuju lokasi curug memang masih belum dibangun, sejauh ini kita hanya bisa berjalan melewati “galengan” persawahan yang berundak atau terasering.

Kondisi curugnya hampir mirip dengan Curug Malela yang ada di Kecamatan Rongga namun untuk Curug Kujang sedikit lebih kecil. Meski begitu debit airnya lumayan deras. Tidak ada biaya masuk ke lokasi ini karena memang belum di kelola sebagai objek wisata.

Itulah beberapa objek wisata di Kabupaten Bandung Barat bagian Selatan yang bisa kita kunjungi diakhir pekan ini. Ada banyak destinasi wisata maupun potensi wisata di Bandung Barat bagian selatan yang bisa dikembangkan lagi dan menjadi salah satu andalan wisata Jawa Barat kedepannya, mudah-mudahan pihak-pihak terkait bisa lebih memperhatikan lagi akan potensi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.