Rute Wisata Sanghyang Heuleut dan Tarif, Danau Purba di Tengah Hutan

wisata sanghynag heuleut
Danau Purba, Sanghyang Heuleut

Rute wisata Sanghyang Heuleut – Halo sobat sekalian, kali kita akan mengunjungi salah satu objek wisata tersembunyi di Kabupaten Bandung Barat yang lokasinya ada di kawasan PLTA Saguling bernama Sanghyang Heuleut.

Tempat ini memang tersembunyi banget lantaran berada di tengah hutan dan jauh dari jalan utama Saguling-Rajamandala. Maka sangat cocok sekali bagi sobat yang memang membutuhan tempat wisata dengan suasana tenang sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

LIHAT JUGA YANG KEREN INI:

  • Rute Menuju 100 Tempat Wisata di Sekitaran Kota Bandung CEK DISINI
  • Rute Menuju 30 Tempat Wisata di Lembang Kabupaten Bandung Barat CEK DISINI
  • Rute Menuju Wisata Curug malela, Niagaranya Jawa Barat CEK DISINI
  • Rute Menuju Punak Gunung Masigit CEK DISINI

Sekilas Wisata Sanghyang Heuleut

Dari beberapa referensi mengenai Sanghyang Heuleut, kabarnya danau ini terbentuk oleh letusan Gunung Purba bernama Gunung Sunda. Letusan Gunung yang cukup dahsyat tersebut membentuk tebing-tebing bebatuan dan terdapat cekungan pada bagian tengahnya yang di aliri sungai Citarum. Alhasil di tengahnya tersebut menjadi sebuah danau dengan kedalaman sekititar 3 meteran.

wisata danau purba sanghyang heuleut
Berebang di Danau Purba, Sanghyang Heuleut

Meski musim kemarau namun debit airnya tidak pernah menyusut dan bahkan terlihat semakin jernih kehijauan. Kita bisa leluasa berenang di danau tersebut sambil menikmati kesegaran airnya yang jernih serta pemandangan tebing-tebing gunung yang sangat indah.

Rute Perjalanan Menuju Sanghyang Heuleut

Kali ini tim mycipongkor akan berwisata ke Sanghyang Heuleut. Saya sendiri baru pertama kali mengunjungi objek wisata alam ini, sementara bagi Riki adalah ke empat kalinya. Kita juga ditemani Yudi dan anaknya bernama Gian yang berusia 4 tahun.Kita berangkat dari depan Kantor Kecamatan Cipongkor.

perjalanan menuju Sanghyang Heuleut
Perjalanan menuju Sanghyang Heuleut

Oh ya bagi teman-teman yang dari daerah lain seperti Kota Bandung dan sekitarnya bisa menuju Ke Kecamatan Cipongkor terlebih dahulu. Dari Kota Bandung menuju ke Cimindi kemudian dilanjutkan ke Leuwi Gajah, Batujajar, Cililin dan menuju Cipongkor.

Dari Cipongkor kita melanjutkan perjalanan ke arah Saguling. Ikuti jalan utama Saguling-Rajamandala. Nanti kita berhenti di Cipanas yang merupakan tempat pemandian air panas, kawasan ini dekat dengan Kantor Indonesia Power (Power House).

rute perjalanan menuju Sanghyang Heuleut
Terdapat beberapa jembatan Kayu yang menambah Keindahan alamnya

Disana sudah terdapat papan penunjuk jalan menuju Wisata Sanghyang Heuleut dengan melewati jalan setapak menuju parkiran khusus. Dari parkiran menuju Sanghyang Heuleut menempuh jarak sekitar 2 KM dengan kondisi jalan yang landai.

Kondisi jalannya cukup baik dan terdapat jembatan-jembatan dari kayu yang menambah kesan cantik. Di sepanjang jalan menuju lokasi setidaknya ada 2 warung dan ada juga mushola. Sementara di dekat Sanghyang Heuleut terdapat tiga warung.

Rute perjalanan menuju sanghyang heuleut
Jalanan bebatuan menuju Sanghyang Heuleut, Kondisi jalannya landai

Jalannya yang landai tidak terlalu menguras tenaga, bahkan Gian saja yang usianya baru 4 tahun cukup senang berpetualang menyusuri jalan yang di samping kirinya adalah aliran singai.

Alamat Wisata Sanghyang Heuleut

Lokasinya berada di Kampung Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Tiket Masuk Sanghyang Heulut

Tiket masuk menuju Sanghyang Heuleut sebesar Rp.20.000 perorang, namun jika untuk kegiatan foto atau video prewedding biasanya ada tarif khusus. Sementara untuk parkiran kendaraan roda dua dikenakan Rp.5000 dan kendaraan roda empat Rp.10.000.

Di lokasi Sanghyang Heuleut sebaiknya menyewa baju pelampung agar lebih nyaman dan aman. Tarifnya hanya Rp.15.000 untuk berenang sepuasnya.

Tips Wisata ke Sanghyang Heuleut

wisata Sanghyang Heuleut Bandung Barat
Danau Sanghyang Heuleut, Bandung Barat

Ini adalah objek wisata alam yang sangat indah, sebuah danau purba Sanghyang Heuleut yang lokasinya berada di tengah hutan dengan tebing-tebing bebatuan yang sangat indah.

Kami sarankan jika berkunjung ke sini pada musim kemarau saja, debit airnya tetap terjaga dan airnya jernih dan hijau kebiruan. Selain itu konsisi jalannya tidak licin.

Sebaiknya sewa rompi pelampung agar berenang menjadi lebih nyaman dan aman. Tarifnya juga cukup terjangkau yakni hanya Rp.15.000 saja.

Itulah perjalanan kami menuju Wisata Sanghyang Heuleut, salah satu objek wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah di Kabupaten Bandung Barat. Informasi ini semoga bisa menjadi referensi sobat sekalian untuk berkunjung kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.