Sport  

Bikin Geleng-geleng, Ternyata Segini Kekayaan Pangeran Arab yang Beli Newcastle United

Mohammed Bin Salman

Klub Liga Inggris, Newcastle United akhirnya secara resmi 100% dimiliki oleh Konsorsium milik Pangeran Arab Saudi Mohammed Bin Salman. Pembelian dilakukan melalui Dana Investasi Publik (Public Investment Fund/PIF). Banyak yang bertanya siapa sosok Mohammed Bin Salman tersebut?

Mohammed Bin Salman merupakan putra mahkota Arab Saudi dari ayahnya Raja Salman. Dia adalah orang terpenting kedua di kerajaan Arab setelah ayahnya.

Newcastle United menyetujui pembelian klub dengan alasan Mohammed Bin Salman tidak akan ikut campur dalam pengambilan keputusan di klub.

“Premier League, Newcastle United Football Club dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media,” bunyi keterangan yang dikutip.

Sejauh ini Emirat dan Qatar menjadi perhatian setelah memiliki Manchester City dan Paris Saint Germain. Kini Arab Saudi mulai menunjukkan diri dengan ikut meramaikan persepakbolaan dunia.

Kekayaan Mohammed Bin Salman

Lantas berapa kekayaan Mohammed Bin Salman hingga mau membeli Newcastle United? Seperti diberitakan diperkirakan kekayaan bersihnya mencapai £ 13 miliar atau setara dengan Rp.251,4 triliun.

Jumlah tersebut memang lebih sedikit jika di bandingkan pemilik Manchester City Sheikh Mansour yang mencapai £ 17 miliar atau setara dengan Rp.328,79 triliun.

Namun Mohammed Bin Salman secara efektif akan memiliki kekayaan kerajaan Arab Saudi secara keseluruhan dengan total kekayaan bersih mencapai £ 1,3 triliun atau setara dengan Rp.25.143 triliun.

Kekayaan kerajaan Arab Saudi ini memang lebih besar dibanding kekayaan keluarga kerajaan Abu Dhabi pemilik Manchester City yang mencapai £ 500 miliar atau setara dengan Rp.9.670 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.