Sport  

Meski Naik Ke Pot 3, Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia terancam masuk grup neraka meski naik ke Pot 3 drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, lantas bagaimana hitung-hitungannya?

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Timor Leste dalam dua kali pertandingan persahabatan bertajuk FIFA Match Day. Hal itu membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan poin sebanyak 7.65 poin sehingga ranking FIFA melonjak ke urutan 160 dengan 1001,61 poin.

Sementara menurut laman Footy Rangkin, posisi Singapura harus tergeser lantaran memiliki poin 161 dan harus merosot ke pot 4 drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Dengan kemenangan malam ini, Indonesia menggeser Singapura untuk mendapatkan tempat terakhir di pot 3 untuk drawing Kualifikasi Piala Asia 2023,” tulis laman Footy Ranking.

“Indonesia sekarang berada di posisi 160 dengan 1001,61 poin, mengungguli Singapura di posisi 161 dengan 1000,78 angka. Kami akan merilis pot unggulan secara resmi pada 2 Februari,” lanjut Footy Ranking.

Meski Timnas Indonesia masuk ke pot 3 bukan berarti akan mendapatkan lawan yang mudah dan bahkan berpotensi gabung di grup neraka.

jika dihadapkan dengan penghuni teratas dari pot 1, 2 dan 4 yang notabene calon lawan skuad Garuda. Di pot 1 terdapat Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina dan India. Kemudian pot 2 ditempati Thailand, Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, Kuwait dan Hong Kong. Sementara itu, pot 4 dihuni Singapura, Nepal, Kamboja, Mongolia, Bangladesh dan Sri Lanka.

Tentu saja akan menjadi neraka yang sebenarnya jika Timnas Indonesia harus satu grup dengan Bahrain atau Uzbekistan, Thailand hingga Singapura. Kita tahu, baik Uzbekistan maupun Bahrain adalah salah satu tim terkuat di Asia.

Sementara Thailand sudah tidak perlu diragukan lagi dan Shin Tae-yong pun pernah mengalami hal pahit saat Timnas Indonesia bertemu dengan Thailand di babak final Piala AFF 2020 lalu.

Selain itu ada Singapura yang siap bangkit dengan hadirnya pelatih baru yakni antara Luis Milla atau Kim Hak-bum. Kedua pelatih tersebut merupakan pelatih kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi.

Sebanyak 24 tim akan di bagi kedalam 6 grup. Juara grup dan lima runner up terbaik berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Pembagian Pot Kualifikasi Piala Asia 2023

Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, India
Pot 2: Thailand, Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Hong Kong
Pot 3: Afghanistan, Yamen, Myanmar, Malaysia, Maladewa, Indonesia
Pot 4: Singapura, Nepal, Kamboja, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka

Leave a Reply

Your email address will not be published.