[Video] Intip Proses Pembuatan Gula Aren di Kampung Lemah Nendeut Desa Neglasari Cipongkor

Cipongkor – Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, salah satunya adalah banyaknya pohon aren yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memproduksi gula aren.

Kampung Lemah Nendeut, Desa Neglasari menjadi salah satu dari sekian perkampungan di Kecamatan Cipongkor dimana masyarakatnya fokus membuat gula aren sebagai sumber penghasilannya.

Setiap hari petani gula aren memproduksi hingga puluhan gula aren tergantung dari seberapa banyak air nira yang bisa diambil setiap pagi dan sorenya.

Sayangnya meski potensi sumber daya alam terutama pohon aren yang melimpah namun masih belum bisa dimaksimalkan. Sejauh ini gula aren yang diproduksi hanya di pasarkan di kalangan sekitar dengan nilai ekonomis yang rendah.

Perlunya inovasi yang berkelanjutan agar gula aren dari Cipongkor mampu dipasarkan secara lebih luas lagi dengan nilai ekonomis yang lebih baik dan menjadi salah satu produk unggulan dari Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *