Suasana Kampung Sawah Cijenuk yang Memesona

Suasana Kampung Sawah Cijenuk

Banyak orang yang ingin tinggal di pedesaan dengan suasana alam pedesaan yang indah dan menenangkan.

Suasana Kampung Sawah Cijenuk

Kali ini tim MyCipongkor.com berkunjung ke salah satu kampung di Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Kampung ini bernama Kampung Sawah.

Entah apa yang melatar belakangi penamaan Kampung Sawah ini, namun dari lokasinya kampung ini memang berada di tengah persawahan yang cukup luas. Jauh dari keramaian serta jalan utama.

Meski begitu akses jalan menuju pasar Minggu Cijenuk cukup dekat, begitupun ke pusat pemerintahan Desa Cijenuk atau Kantor Kecamatan Cipongkor.

Pesona Kampung Sawah Cijenuk

Siapapun yang pertama kali datang kesini pasti akan mendapati keindahan yang luar biasa dari Kampung ini. Kampung yang berada ditengah sawah ini akan terlihat sangat cantik saat musim padi.

Biasanya bulan Desember dan Januari kondisi padi-padi disini sudah menghijau dan cukup tinggi. Hal itulah yang menjadi daya tarik dari kampung ini.

Rumah-rumahnya masih sedikit dan bisa dihitung dengan jari, jarak antar rumah cukup berjauhan dan hanya dihubungkan dengan jalan setapak yang cukup untuk kendaraan roda dua saja.

Selain sawah yang luas dan hijau, kampung ini memiliki aliran sungai yang cukup deras sebagai sumber pengairan atau irigasi untuk persawahan.

Maka sudah bisa dibayangkan berapa tenangnya suasana kampung sawah ini, pada malam hari akan terasa semakin tenang, hanya ditemani oleh suara aliran sungai serta mahluk-mahluk persawahan.

Kampung ini memiliki potensi yang cukup bagus jika mampu dikembangkan menjadi kampung wisata. Mungkin kedepannya pengunjung bisa datang kesini untuk menikmati suasana kampung sawah yang indah sambil menikmati sajian kuliner khas pedesaan.

Rute Menuju Kampung Sawah

Kampung Sawah berada di Desa Cinejuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari Terminal Cijenuk atau Pasar Cijenuk.

Kamu tinggal menuju ke arah Kampung Dawuan tempat Pesantren AlIjaji berada. Dari sana sudah cukup dekat lantaran Kampung Sawah berada bersebelahan dengan Kampung Dawuan. Kamu tinggal mengikuti jalan kecil yang searah dengan aliran sungai irigasi.

Akhir Kata

Itulah sekilas tentang Kampung Sawah, kampung yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa di Kecamatan Cipongkor. Datanglah kesini pada saat pagi hari atau menjelang sore, itu adalah waktu terbaik menikmati keindahan Kampung Sawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *