Apa itu NFC Pada HP? Fungsi dan Cara Menggunakannya

Jika satu atau dua tahun kebelakang fitur NFC mungkin hanya di temukan pada ponsel-ponsel jkelas menengah keatas dengan harga yang cukup menguras isi dompet, namun untuk saat ini fitur ini sudah banyak ditemukan di ponsel-ponsel dengan harga yang terjangkau. Lantas pertanyaannya, apa itu NFC pada HP dan apa saja fungsinya?

Apa itu NFC pada HP

Tidak banyak yang tahu tentang pengertian dan juga fungsi dari NFC mengingat sebelumnya fitur ini jarang ditemukan di ponsel pemula. Sekarangpun fitur ini sudah mulai banyak dipasang hampir pada semua ponsel keluaran terbaru, meski begitu masih banyak pengguna yang mengabaikan fitur ini lantaran tidak mengerti kegunaanya.

NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication sebagai fitur yang bisa menghubungkan dua perangkat yang didekatkan. Misal ponsel kamu yang ada NFC nya dengan perangkat elektronik lainnya. Atau secara lebih gampangnya fitur ini hampir mirip dengan bluetooth atau infrared hanya saja memiliki fungsi yang lebih luas.

Jika bluetooth biasanya digunakan untuk transfer file saja seperti foto, video, aplikasi dan lain sebagainya dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat. Berbeda dengan NFC yang bisa melakukan apa saja termasuk bisa untuk cek saldo e-money kamu, isi saldo hingga untuk kebutuhan transaksi lainnya. Nah penasaran dengan fungsi dari NFC ini? Mari kita ulas lebih dalam lagi.

Apa itu NFC pada HP?

NFC atau Near Field Communication pertama kali dikembangkan pada tahun 1999 hingga 2000-an silam. Namun fitur ini memang masih belum di gunakan di ponsel-ponsel kelas bawah dan sebagian ponsel kelas atas sudah menggunakannya. Bisa jadi karena kebutuhan akan fungsi ini masih belum sekomplek saat ini sehingga tidak semua ponsel memilikinya.

Berbeda dengan saat ini ketika kebutuhan manusia semakin komplek termasuk untuk urusan transaksi keuangan yang lebih simpel dan cepat, maka fitur ini sudah mulai terpasang di ponsel kelas pemula sekalipun. Silahkan lihat disini Handphone yang ada NFC harga murah.

NFC sendiri merupakan pengembangan dari RFID (Radio Frequency Identification) yang biasa terdapat pada kartu identitas. Cara penggunaan NFC sangatlah mudah karena hanya perlu menempelkan dua perangkat saja atau cukup di dekatkan dengan jarak sekitar 4 cm saja.

Misal kamu ingin mengecek saldo e-money seperti kartu Tol, maka kamu tinggal mengaktifkan NFC pada ponsel kemudian menempelkannya ke kartu e-money kamu, maka otomatis akan terbuka informasi isi saldo pada kartu tersebut. Begitupun proses pengisian saldo juga bisa dilakukan dengan cara yang sama. Jadi sudah paham kan mengenai Apa itu NFC pada HP?

Apa Fungsi NFC Pada HP?

NFC adalah fitur yang cukup dibutuhkan untuk saat ini dimana manusia semakin komplek dengan segala aktivitasnya. Mereka membutuhkan fitur yang bisa memudahkan segala aktivitas manusia terutama urusan transfer data hingga transaksi. Nah setelah mengetahui Apa itu NFC pada HP maka saatnya kita ketahui beberapa fungsi utama NFC pada ponsel diantaranya adalah sebagai berikut.

1. NFC bisa Cek Saldo e-Money hingga Isi Saldo

NFC sangat memudahkan dalam hal transaksi terutama urusan mengecek saldo hingga isi saldo e-Money kamu. Bagi masyarakat perkotaan fitur ini memang menjadi hal biasa digunakan dalam kehidupan keseharian. Di Kota banyak fasilitas umum yang menggunakan pembayaran dengan e-money sehingga harus dipastikan saldo e-money kamu selalu terisi.

Misalkan kamu pengguna layanan seperti MRT, TransJakarta, Tol dan lain sebagainya yang menggunakan kartu e-Money, agar semakin memudahkan saat pengecekan saldo hingga pengisian saldo. Maka kamu bisa memanfaatkan fitur NFC pada HP.

Aktifkan NFC pada HP kamu kemudian tempelkan pada kartu e-money kamu, setelah itu informasi saldo e-money kamu akan terbuka, kamu juga bisa mengisi saldo langsung dengan fitur ini.

Namun jika kamu pengguna ponsel yang masih belum tersedia fitur NFC biasanya akan menggunakan aplikasi e-wallet untuk proses cek saldo hingga isi saldo.

2. Transaksi Secara Digital

Apa itu NFC pada HP? Seperti dikatakan diatas NFC adalah fitur yang memudahkan berbagai aktivitas digital hanya dengan menempelkan dua perangkat saja, salah satunya adalah untuk bertransaksi secara digital.

Misal kamu yang sering berbelanja ke minimarket atau ketempat lainnya yang memiliki fitur NFC pada kasir pembayaran, maka kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan NFC pada ponsel kamu. Pastikan saldo kamu ada kemudian aktifkan fitur NFC dan tempelkan pada mesin pembayaran yang mendukung fitur NFC.

Hal ini sudah terbiasa dilakuan oleh masyarakat perkotaan yang memang sudah semakin enggan membawa uang cash karena dirasa ribet, apalagi jika harus menerima kembalian receh. Maka tidak perlu membawa uang fisik kamu tinggal memanfaatkan fitur ini untuk bertransaksi secara digital.

3. NFC untuk Transfer Data

Ponsel atau perangkat yang memiliki fitur android beam atau Android 4.0 merupakan syarat wajib agar bisa melakukan transfer data antar perangkat. Seperti dikatakan diatas, NFC memiliki fungsi yang sama seperti bluetooth hanya saja untuk transfer data tidak terbatas pada file foto atau video melainkan berbagai file data seperti aplikasi, berbagi kontak dan lain sebagainya.

Bukan hanya transfer data antar ponsel melainkan dengan perangkat lainnya seperti laptop, kamera, printer, perangkat audio dan lain sebagainya.

Namun masalahnya adalah android 4.0 beam sendiri sudah tidak ada sehingga mungkin fitur ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

4. Membuka dan Mengunci Pintu

Beberapa sistem keamanan rumah pintar menggunakan NFC untuk membuka dan mengunci pintu. Pengguna cukup mendekatkan HP ke sensor NFC pada pintu untuk mengakses rumah mereka, menggantikan penggunaan kunci fisik.

5. Menyimpan dan Menggunakan Tiket Elektronik

Tiket untuk transportasi umum, konser, atau acara olahraga dapat disimpan di HP yang memiliki NFC. Ketika akan masuk ke lokasi acara atau menggunakan transportasi, pengguna hanya perlu mendekatkan HP mereka ke sensor tiket elektronik.

6. Membagikan Informasi Kontak

NFC memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membagikan informasi kontak mereka dengan orang lain. Cukup mendekatkan kedua HP yang memiliki NFC, dan informasi kontak akan langsung terkirim tanpa perlu mengetik secara manual.

7. Menghubungkan Perangkat Bluetooth dengan Cepat

Pairing perangkat Bluetooth seperti speaker atau headphone bisa lebih cepat dan mudah dengan NFC. Cukup mendekatkan HP ke perangkat Bluetooth yang mendukung NFC, dan koneksi akan terjalin otomatis tanpa perlu melalui proses pairing yang panjang.

8. Mengaktifkan Mode dan Pengaturan Tertentu

Dengan tag NFC yang diprogram khusus, pengguna bisa mengaktifkan mode atau pengaturan tertentu pada HP mereka. Misalnya, dengan menyentuh tag NFC di meja kerja, HP bisa langsung beralih ke mode diam atau mengaktifkan Wi-Fi.

9. Loyalitas dan Program Poin

Banyak bisnis yang menggunakan NFC untuk program loyalitas pelanggan. Dengan NFC, pelanggan bisa mengumpulkan poin atau mendapatkan diskon hanya dengan mendekatkan HP mereka ke perangkat yang tersedia di toko.

10. Navigasi di Tempat Umum

Di beberapa kota, NFC digunakan pada tanda dan peta interaktif untuk memberikan informasi tambahan kepada pengunjung. Dengan mendekatkan HP ke tanda NFC, pengguna bisa mendapatkan informasi tentang lokasi, peta, atau panduan arah.

Di beberapa kota, NFC digunakan pada tanda dan peta interaktif untuk memberikan informasi tambahan kepada pengunjung. Dengan mendekatkan HP ke tanda NFC, pengguna bisa mendapatkan informasi tentang lokasi, peta, atau panduan arah.

11. Otentikasi Dua Faktor (Two-Factor Authentication)

NFC bisa digunakan sebagai metode otentikasi tambahan untuk meningkatkan keamanan. Beberapa aplikasi keamanan dan layanan online memungkinkan pengguna memverifikasi identitas mereka dengan mendekatkan HP ke perangkat NFC yang terdaftar.

Daftar HP NFC Murah

Setelah mengetahui apa itu NFC pada HP dan juga Fungsi NFC di HP, berikut ini kami informasikan beberapa HP NFC murah keluaran terbaru yang bisa kamu beli. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Samsung Galaxy A05s

Ponsel Samsung memang bisa dikatakan ponsel android pelopor penggunakan fitur NFC, untuk saat ini sudah ada beberapa ponsel keluaran terbaru Samsung yang dibandrol dengan harga murah namun emmiliki fitur ini. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A05s.

Secara spesifikasi cukup baik dikelasnya meski masih menggunakan jaringan 4G LTE, namun urusan komunikasi dan konektivitas tentu masih cukup relevan di tahun ini. Layar 6.7 invi dengan panel PLS-LCD. Berjalan pada android 13 dengan mesin Snapdragon 680 bertenaga Octa-core.

RAM 6 GB dirasa cukup sebagai ponsel menengah dengan kapasitas penyimpanan data 128 GB. Sementara kamera utamanya adalah 50 MP dan kamera selfie 13 MP. Baterai 5000 mAh dengan fast charging 25W. HP NFC murah dari Samsung ini bisa menjadi alternatif pilihan.

2. Infinix Hot 40 Pro

Tidak ada alasan untuk menolak ponsel satu ini, selain dibandrol dengan harga murah namun juga spek yang garang dikelasnya. terutama ini adalah ponsel NFC murah yang bisa menjadi pilihan utama kalian.

Ponsel Infinix Hot 40 Pro masih berjalan di jaringan 4G LTE, layarnya 6.78 inci dengan panel IPS-LCD serta berjalan pada OS android 13. Mesin Octa-core didukung dengan chipset Helio G99 yang garang untuk bermain game. Apalagi RAM 8 GB dan memori 256 GB sudah cukup besar.

Kamera utamanya 108 MP dan kamera depan 32 MP yang mampu menciptakan gambar yang lebih baik. Baterai 5000 mAh didukung fast charging 33W. Maka sudah pasti ini adalah HP NFC murah yang layak dimiliki tahun ini.

3. Xiaomi Redmi Note 13

Jika dibandingkan dengan dua ponsel diatas maka ada beberapa bagian spek ponsel ini yang lebih unggul. Misal pada layar 6.67 inci sudah menggunakan panel AMOLED. OS nya memang masih android 13 namun mesinnya cukup bagus dengan prosessor Octa-core dan Snapdragon 685. Didukung RAM besar 8 GB dan memori internal 256 GB.

Kameranya 108 MP dan kamera depan 16 MP. Baterai 5000 mAh dengan fast charging 33W. Jadi secara spesifikasi memang sedikit lebih unggul pada layarnya yang lebih jernih dan tajam.

Kesimpulan

Itulah ulasan kami mengenai Apa itu NFC pada HP dan fungsinya, serta ponsel-ponsel keluaran terbaru yang memiliki fitur ini.

Teknologi NFC menawarkan kemudahan dan keamanan dalam berbagai aspek kehidupan digital kita. Dengan semakin banyaknya aplikasi dan perangkat yang mendukung NFC, fungsi-fungsi ini akan terus berkembang dan mempermudah aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *